Jumat, 01 Maret 2013

PERAN AYAH DALAM TUMBUH KEMBANG ANAK

Selama ini kita hanya berpikir ibulah yang memiliki peran besar untuk perkembangan buah hatinya. Padahal, figur sang ayah juga sama pentingnya dengan sang ibu. Selain memberikan kebutuhan materi, Ayah juga memiliki peran penting dalam pertumbuhan anak. Saat anak tumbuh dewasa, ayahlah yang berperan penuh untuk membantu mencari jati diri anak, membentuk keberanian anak serta melindungi agar terhindar dari bahaya pergaulan di luar rumah.

Disaat masih bayi, banyak cara yang dapat ayah lakukan untuk merawat buah hati. Misalnya, dengan membantu sang istri dalam memberikan ASI ekslusif selama 6 bulan.  
Peran ayah ketika ibu menyusui adalah memperhatikan asupan gizi yang dikonsumsi oleh istri, agar ibu dan bayi tetap sehat dan nutrisinya terpenuhi dengan baik. 
Namun, bagaimana jika ayah terlalu sibuk dengan pekerjaannya? Tentu cukup sulit untuk menjaga, merawat serta meningkatkan ikatan batin pada anak. Nah, Anda tidak perlu khawatir akan hal itu, semuanya dapat dilakukan setelah selesai bekerja. Misalkan dengan mengajak buah hati untuk bermain dan berbicara, agar dia dapat mengenal suara dan sentuhan dari ayahnya. Hal ini tentu sangat berguna untuk menjaga agar ayah selalu akrab dengan buah hatinya.


Menanti kehadiran buah hati, tentu menjadi suatu hal yang sangat diharapkan bagi setiap pasangan yang telah siap untuk memiliki anak. Namun terkadang, ada beberapa perubahan pria setelah menjadi ayah baru. Misalnya mengalami baby blues, tentu ini bukan dipengaruhi oleh hormon layaknya ibu, tetapi disebabkan oleh realita hidup yang harus dijalani sang ayah untuk melindungi, menjaga, dan merawat keluarganya dengan baik.

Namun jangan khawatir akan perubahan yang terjadi, hal ini hanyalah sebuah proses saat menjadi ayah baru.

Share this

0 Comment to "PERAN AYAH DALAM TUMBUH KEMBANG ANAK"

Posting Komentar